Simulasi PBA SAT Linmas

SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA ALAM
GEMPA BUMI DAN TSUNAMI
SAT LINMAS KECAMATAN CISOLOK

IMG_8010Kabupaten Sukabumi secara geografis dikenal dengan supermarket nya bencana. Beberapa wilayah memiliki kerawanan dari bencana alam yang sangat beragam, mulai dari bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi dan tsunami. Dari beberapa kejadian bencana yang terjadi sepanjang tahun, potensi gempa bumi dan tsunami menjadi salah satu bencana yang cukup diperhitungkan sehingga berbagai rencana kontingensi menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami sudah disiapkan SOP nya.

IMG_8132Satuan Perlindungan Masyarakat sebagai komponen masyarakat yang memiliki kedekatan emosional secara langsung dengan warga masyarakat, sebab mereka adalah bagian dari masyarakat yang sehari-hari berada di tengah masyarakat, memiliki peran dan fungsi strategis sebagai agen dalam kesiap-siagaan bencana. oleh karena itu pembekalan pengetahuan dan keterampilan terhadap berbagai situasi yang mungkin dihadapi ketika terjadi bencana mutlak dimiliki dan dikuasai oleh seluruh anggota Sat Linmas di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi.

 

MelalIMG_8015ui Bidang Perlindungan Masyarakat, pola pembinaan dan pelatihan tenaga Sat Linmas terutama dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami dikemas dalam bentuk kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus s/d. 1 September 2016 di Kecamatan Cisolok yang diikuti oleh para Kasatgas dan anggota Sat Linmas tiap desa. Turut hadir Muspika Kecamatan Cisolok yang memberi dukungan dan dorongan semangat agar semua peserta dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya. (RTS)