Bintek Manajemen Konflik

BINTEK PENANGANAN KONFLIK
DALAM RANGKA PEMELIHARAAN TRANTIBUM
PEMILU LEGISLATIF 2014
 

ayo memilihPemilu Legislatif (PILEG) 2014 sudah di depan mata, Pesta Demokrasi yang menjadi agenda nasional 5 tahunan ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014. Dengan berbagai cara, setiap Calon Anggota Legislatif dari berbagai tingkatan sudah mulai berlomba-lomba merebut simpati dan dukungan dari masyarakat. Dalam rangka mensosialisasikan diri, cara yang paling umum dilakukan para Caleg untuk mempromosikan diri dan visi misi nya dalam berbagai media visual, mulai dari selebaran, pamflet, leaflet, spanduk, baligho hingga media cetak dan elektronik.

IMG_0109Mengingat jumlah Caleg yang bertarung dalam perebutan kursi legislatif cukup banyak, hal ini menimbulkan pemandangan sangat berbeda di setiap ruas jalan semenjak beberapa bulan terakhir, yaitu banyaknya spanduk dan baligho baik ukuran kecil, besar hingga ukuran raksasa. Para aktivis partai dan tim sukses berlomba-lomba menempelkan dan memasang spanduk para Caleg dan partai nya di berbagai tempat yang menjadi jalur perlintasan masyarakat. Hal ini seringkali mengabaikan aturan dan tata tertib yang telah di sepakati dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Kerawanan konflik pun muncul dari banyaknya pemasangan alat peraga kampanye yang tumpang tindih, hingga mengganggu kenyaman dan ketertiban.

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi dalam menghadapi pesta demokrasi PILEG 2014 sejak awal telah melakukan berbagai kegiatan, mulai dari koordinasi dengan KPU, PANWASLU hingga para pimpinan partai guna menciptakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dalam menghadapi PILEG yang akan di helat kurang dari 2 bulan mendatang. Sebagai salah satu langkah konkrit, SATPOLPP Kabupaten Sukabumi secara berkala telah melaksanakan pembersihan alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan ketentuan, diantaranya alat peraga kampanye yang dipasang di luar zona yang ditetapkan dan juga di pohon-pohon.

IMG_0075Dalam rangka membentuk kesiapan personil dalam menghadapi PILEG 2014. Pada tanggal 27 Februari 2014 diselenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penanganan Konflik dalam Rangka Pemeliharaan Trantibum PILEG 2014 yang diikuti oleh seluruh Kasi Trantib Kecamatan dan Kelurahan Se-Kabupaten Sukabumi. Kegiatan yang dibuka secara oleh Sekda Kabupaten Sukabumi Bapak H. ADJO SARDJONO MM. diikuti oleh 52 orang Kasi Trantib dan sejumlah pejabat Esselon III dan IV di SATPOL PP Kabupaten Sukabumi. Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Sukabumi menekankan agar seluruh jajaran SATPOL PP beserta anggota mempersiapkan diri khususnya dalam rangka pemeliharaan trantibum di wilayah kerja masing-masing untuk mendukung suksesnya PILEG 2014. (admin/RTS)